Mggu Tema Kegiatan Pembelajaran Tujuan
1 Indonesia – ku
  • Mengenal Indonesia dari bentuk geografis (menunjukan peta Indonesia dari slide)
  • Mengenal peta jonggol dan peta lokasi mereka sendiri. (Peta fisik)
  • Mengenalkan pada anak tentang kekayaan dan keragaman Indonesia sebagai negara. (media video).
  • Mengenalkan seni batik sebagai ciri khas orang Indonesia
  • Project Membuat batik cap menggunakan teknik cetak tinggi bahan di alam, pada media kertas. (dengan contoh)
  • Menggambar batik sendiri sesuai kreasi pada media kain.
  • Bercerita interaktif tentang peristiwa di Indonesia (Meletusnya gunung Krakatau 1883)
  • Menerima dan memberi pertanyaan pada anak terkait cerita selama proses bercerita.
  • Proses bercerita menggunakan alat peraga.
  • Murid mampu memahami dan mengetahui bentuk negara Indonesia secara geografis
  • Memahami dan mengetahui bentuk  wilayah jawa barat dari peta dan bentuk wilayah jonggol secara keseluruhan.
  •  Mengetahui dan membuat kesenian batik
  • Mengetahui contoh penerapan kreasi batik pada benda.
  • Mengetahui kekayaan alam dan kekayaan budaya Indonesia
  •  Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air.
  •  Mampu fokus dan mendengarkan saat proses bercerita.
  • Mampu memberikan tanggapan terkait cerita

2 Dunia
  • Mengenalkan pada anak tentang keajaiban dunia (media video).
  • Mengenalkan pada anak tempat-tempat pemecah rekor di dunia . Objek di dunia yang paling ter-.(slide)
  • Project Memberi tugas pada seluruh anak untuk menggambar objek tersebut per satu anak satu objek di kertas. (A3)
  • Memberi keterangan dan identitas pada gambar tersebut.
  • Mengumpulkan seluruh hasil karya anak-anak untuk dijadikan satu album ensiklopedia.
  • Bercerita interaktif tentang peristiwa dunia. (Manusia yang pertama kali di luar angkasa, Yuri Gagarin 1961)
  • Menerima dan memberi pertanyaan pada anak terkait cerita selama proses bercerita.
  • Proses bercerita menggunakan alat peraga,
  • Murid mampu memahami dan mengetahui tempat-tempat di dunia yang menakjubkan.
  • Murid mampu memahami tugas yang diberikan dan mendalami objek tempat yang diberikan padanya.
  • Murid merasa saling bekerjasama dalam membuat satu buku ensiklopedia bergambar
  • Murid mengetahui peristiwa besar di dunia yang berpengaruh banyak terhadap perkembangan hidup manusia di dunia.
  • Mampu fokus dan mendengarkan saat proses bercerita.
  • Mampu memberikan tanggapan terkait cerita

3 Lingkungan Hidup
  • Menjelaskan tentang alam dan lingkungan sebagai tempat kita hidup
  • Bertanya tentang bahan-bahan di alam yang kita gunakan sehari-hari.
  • Menjelaskan tentang sampah dan jenisnya.
  • Menjelaskan tentang kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah serta bencana dari sampah.
  • Project Membersihkan area sekolah dari sampah.
  • Murid dikenalkan dengan alam sebagai tempat mereka tinggal
  • Murid dapat mengetahui dan memaknai lingkungan mereka tinggal dan tahu bahan-bahan yang ada di seluruh tempat tinggal mereka.
  • Murid mengetahui tentang Jenis sampah organik dan anorganik.
  • Mengetahui bahaya akibat sampah berserakan,
  • Murid mampu menjaga kebersihan lingkungannya.
4 Air
  • Mengenalkan pada anak tentang siklus air.
  • Manfaat Air Bagi Tubuh
5 Makanan
  •  Pola Makan Sehat
  • Apa Itu 4 Sehat Lima Sempurna
  • Mengenal Rantai Makanan
6 Teknologi
  • Mengenalkan Teknologi
  • Menonton video teknologi masa depan mulai dari mobil terbang hingga robot yang menyerupai manusi
  • Membuat project mobil dari bahan botol aqua bekas ukuran 600 ml (bertanaga angin)
  •   xx
7 Diri Sendiri dan Orang Lain ·         Bagaimana tata karma terhadap orang lain di sekitar kita

·         Project membuat telepon kaleng

·         Bercerita tema dongeng yang mengandung nilai moral sosial ke orang lain

8 Bercerita ·         Anak murid diberi tugas untuk memilih dongeng pada minggu sebelumnya.

·         Anak murid di beri tugas untuk mempersiapkan alat peraga dari minggu sebelumnya.

·         Anak murid bercerita menggunakan alat peraga dengan versinya sendiri

·         Meminta pendapat pada penonton (siswa lain) tentang cerita yang paling menarik (pembacaan cerita, pembawaan narator)

·         Pemberian penghargaan (berupa piagam / piala) bagi pembawa cerita paling menarik.

9 Minggu penutup ·         Pengumuman berakhirnya kegiatan URINDO mengajar untuk sekolah tersebut.

·         Anak membuat sebuah tulisan tentang kakak pembinanya masing-masing. Kelebihan, kekurangan, dll.

·         Pemberian kenang-kenangan pada sekolah tersebut. (berupa album foto dan atau plakat)

·         Melibatkan penanggung jawab sekolah dan murid-murid.